Rabu, 26 September 2012

Prinsip dan Nasehat dari Warren Buffet

1. Great Mindset (cara berpikir )
Kaya adalah mindset. Warren Buffett pernah bilang “Saya selalu yakin, bahwa Saya akan kaya dan tak pernah meragukannya biar semenitpun “I always knew I was going to be rich. I don’t think I ever doubted it for a minute.
Orang kaya dan orang miskin bisadibedain dari mindset mereka. Mindset orang miskin itu mikirin tentang kekurangan. Sedangkan orang kaya selalu mikirin kelimpahan dan kemakmuran. Keyakinanlah yang menentukan cara kita mendapatkan kekayaan, keputusan yang kita ambil dan cara kita bergerak. so, yakin deeh kalo kita itu KAYA.

2. Jangan Bermain Judi
Judi itu permainan orang bodoh. Buffett memegang prinsip investasi sebagai berikut:
Aturan ke 1: Jangan kecewakan pemegang saham, hasilkan uang..!!
Aturan ke 2: Jangan lupa aturan no 1
“Gambling Is A Fools Game“
Rule No.1: Never lose money
Rule No.2: Never forget rule No.1

3. Bergaullah dengan orang-orang sukses (pilih orang yang bersikap lebih baik, bukan yang mempunyai uang lebih banyak )
Pening niee.. Kalo kita pengen sukses, bergaullah dengan orang yang lebih sukses dari kita.
“Lebih baik berkumpul dengan orang-orang yang lebih baik dari kita. Carilah orang yang kebiasaan /sifatnya lebih baik darimu dan Anda akan mengalir ke arah yang lebih baik.”
Pemikiran kita banyak dipengaruhi oleh orang yang paling sering bergaul dengan kita, suka atau gak kita akan terpengaruh. So, pilihlah dengan siapa kita bergaul. “It’s better to hang out with people better than you. Pick out associates whose behavior is better than yours and you’ll drift in that direction.”

4. Sukses bukan hanya Uang
Buffett pernah diwawancarai CNBC, Apa rahasia sukses Anda? Buffett menjawab “Saat seseorang mencapai usia seperti Saya, dan punya orang yang mencintai dan dicintai. Orang demikian dapat dikategorikan sukses”. Sukses itu mengerjakan sesuatu yang kita sangat sukai dan melakukannya dengan baik. Sukses bukan pada punya uang atau gak..!!
Warren Buffett said “Success is really doing what you love and doing it well. It’s as simple as that. I’ve never met anyone doing that who doesn’t feel like a success. And I’ve met plenty of people who have not achieved that and whose lives are miserable.

5. Hidup Hemat
Prinsip hidup Buffett “Pengeluaran lebih kecil dari pendapatan”. Kita gak mungkin mencapai level millionaire kalo pengeluaran kita lebih besar dari pendapatan. Buffet terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana. Hingga saat ini dia masih tinggal di rumah yang dibelinya pada tahun 1958.

6. Jauhi Berutang untuk Konsumsi
Buffett sangat anti utang untuk konsumsi. Buffett berutang dengan bijak sebagai leverage investasi yang ia lakukan.

7. Beramallah
Buffett sangat dikenal sebagai dermawan. Dia pernah menyumbangkan sekitar 75% kekayannya pada yayasan sosial milik Bill Gates. Namun, justru tahun berikutnya kekayaan Buffett bertambah dan menjadi orang terkaya menggeser posisi Bill Gates. Buffett pernah bilang “Dari banyak milyarder yg kukenal, uang adalah cermin karakter dalam diri mereka. Kalo mereka orang yang tolol sebelum mendapatkan uang, mereka tetap tolol dengan milyaran dollar”.
Of the billionaires I have known, money just brings out the basic traits in them. If they were jerks before they had money, they are simply jerks with a billion dollars.”

8. Kemurahan hati dan Kelimpahan berjalan seiring
Buffett berkata “Walau Ben Graham (guru Buffet), mempunyai segalanya dalam hidup ini, dia ingin menyumbang sesuatu dengan mengajar. Sama seperti kita diberi kemurahan oleh orang lain. Kami tidak ingin berkat itu berhenti di kami. Kami ingin berkat itu berkelanjutan kepada yang lain.”
Kelimpahan yang kita dapat pasti tidak hanya hasil usaha satu orang. Kita pasti di bantu orang lain yang murah hati, jadi di saat ada kesempatan bayarlah kembali dengan membantu yang lainnya.
Pesan Buffett “Anda hanya perlu melakukan beberapa hal-hal yang tepat dalam hidup ini, asalkan Anda tidak melakukan terlalu banyak hal-hal yg salah.”

Selain itu ada beberapa hal menarik lagi dari prinsip2 Warren Buffett:
  1. dia tidak pernah tahu berapa harga-harga saham yang dia beli (dia selalu mencoba untuk memonopoli perusahaan yg dibeli sahamnya)
  2. setiap hari dia menghabiskan waktu 8 jam untuk membaca (makanya dia pinter)
  3. dia selalu berpendapat : “wall street adalah satu-satunya tempat orang-orang naik Rolls Royce mendapatkan saran dari orang-orang yang naik kendaraan umum (kereta)”
  4. dia selalu berpendapat: “belajarlah tentang kesalahan dari pengalaman orang lain bukan dari pengalaman diri kita sendiri” (lebih tepatnya, sedia payung sebelum hujan. jadi dia ga kebagian rugi)
  5. dia selalu berpendapat: “analis, penasihat, pialang adalah orang-orang bodoh yang perlu dihindari”
satu prinsip dia adalah:
“TAKUTLAH SAAT ORANG LAIN TAMAK, TAMAKLAH SAAT ORANG LAIN TAKUT”
Nasehatnya untuk Anak Muda (Penting Nie buat kita)
Stay away from credit cards and invest in yourself and remember :
1. Uang tidak menciptakan manusia. Namun manusia bisa menciptakan UANG.
2. Jalani kehidupan Anda sesederhana diri Anda sendiri. Yang penting diri Anda NYAMAN.
3. Jangan lakukan apa yang orang lain katakan. Dengarkan saja mereka, namun lakukanlah hanya apa yang membuat Anda merasa nyaman.
4. Jangan membeli barang karena merknya. Kenakanlah pakaian yang memang membuat Anda merasa nyaman.
5. Jangan menghabiskan uang Anda untuk barang-barang yang tidak penting Gunakanlah uang Anda secara bijaksana untuk kebutuhan yang memang benar-benar Anda perlukan.
6. Akhirnya, ini semua adalah kehidupan Anda.
“Hidup ini hanya sekali. Mengapa Anda harus memberikan orang lain kesempatan untuk mengatur hidup Anda?. Hiduplah dengan gaya Anda sendiri, yang penting Anda senang, Anda puas, Anda nyaman, & Anda bahagia…